20130914_054405OLYMPUS DIGITAL CAMERA

travel adalah sesuatu yang menyenangkan, dimana sesungguhnya tujuanku travel adalah untuk memanjakan mata, namun menganaktirikan kaki untuk terus berjalan. menyayangi lidah namun menjahati dompet. hahaha.

tapi sesungguhnya tujuanku terus travelling adalah untuk memberikan catatan perjalanan, yang membuat orang orang terinspirasi atau mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan dibeli, dan apa yang tiodak seharusnya dilakukan, dibeli, dan lainnya.

ya kali ini, meskipun sesungguhnya sangat malas sekali, (hufftness)

but here goes my extremely exciting journey:

12 September 2013/kebingungan

tidak kerasa ternyata sudah hampir sebulan yang lalu peristiwa ini terjadi..

tanpa ba bi bu, aku dan titi berencana untuk ke ijen, atas dasar keinginan titi..

diapun menunjukkan beberapa link tentang ijen, yang aku kira tadinya dekat dengan Bromo, melihat keadaan dulu dimana saat aku ke bromo ditawari ke ijen juga..

aku pun langsung menghubungi persweaan jeep di malang, tempat aku menyewa jeep untuk ke bromo, bapak itu pun lantas berkata bahwa ijen itu sangat jauh, dan harganya ke sana adalah 2 JUTA. (yak, selamat anda menang, DUA JUTA RUPIAH!! -___-)

syok, dan lantas mencari jalan lain.. aku yang merasa sudah cukup handal merencanakan perjalanan pun langsung cari option lain.. dan pada akhirnya, perenungan kami di OLAVITA itu membuahkan hasil, yaitu kami akan tetap ke ijen bagaimanapun caranya.

melalui beberapa link kami menemukan cara bahwa untuk ke ijen kami harus ke banyuwangi dulu.. thanks to the internet, kami akhirnya dapat merencanakan perjalanan kami yaitu:

solo- banyuwangi- jambu- ijen

ya tapi teori hanyalah sekedar teori, namun wacana tidak boleh hanya sekedar WATJANA MEEEN!

sekitar jam stgh 10 kami pindah ke tempat yang lebih enak untuk mematangkan perjalanan kami, yaitu ke SHIJACK-Tempat minum susu segar yang khas di Solo- dimana ada peristiwa titi memcahkan gelasku yang masih banyak susu coklatnya huhuhu T_T

lanjut men lanjut.

nah jadi aku mengambil kesimpulan, nekat nekatan kita harus ke ijen mbuh piye carane.

jadi opsi kita adalah:

aku yang kebetulan masih ada kuliah smp jam 10, berarti kami harus pergi sekitar jam stgh11an, kalo ga lewat kereta ya bis.

kemudian lanjut aja kami tanpa babibu ke stasiun jebres dan langsung ngecek tiket kereta. GERAK CEPET MEN GERAK CEPET! kalo ga gitu kita ga akan bergerak maju dan travel (anjir, sok abis)

jadi sampe di stasiun jebres dan bayar 2rebu perak untuk parkir kami langsung ngecek jadwal kereta dr jebres, dan nyari kereta

SRITANJUNG (SOLO-BANYUWANGI) yang ternyata berangkatnya jam 08.45-20.40 -____- ngek, gara gara gw kuliah gamungkin banget ini.

dan kata diatas kan mbuh piye carane! jadi kami lanjut cari opsi lain.. dan gw nemu kata jember, di situ.

jadi sepengetahuan gw dan melalui peta jawa timur, ternyata jember dan banyuwangi itu deket.. dan di perjalanan ini gw nekat dan sok mimpin dan keseringan sikap gw adalah nekat dan tanpa mikir jauh, pokoknya nyampek sana dulu baru mikir. jadi gw mikir untuk beli tiket solo jember dengan naik kereta LOGAWA (SOLO-JEMBER) yang berangkatnya jam 10.

dengan asumsi kalau tutorial gw itu yang paling terakhir dan harusnya pulang cepet, gw akhirnya memutuskan besok maksimal kita berangkat jam stgh 10 dan naikin itu kereta logawa yang berharga 50rb (kereta ekonomi ac, murah banget meeen!!!)

oke, time to go home..tapi sebelumnya kami mampir alvamart dulu buat beli logistik yaitu: air minum (min 1,5L), roti/makanan cepat santap-biskuit, tisu basah, tisu kering

akirnya kami plang, gw ngasitau titi apa aja yang harus disiapin, yaitu:

barang barang survival naik gunung sih, gw minta buat bawa:

senter, air minum, makanan, tisue basah, tisue kering, batre, penghangat.

oke dan kami berpisah, packing, dan tidur.

jadi kesimpulan pertama kami malam ini adalah: ke banyuwangi, ijen ,dan lanjut ke pulau merah. gw nemu pulau merah dari info travel di banyuwangi, dan bodohnya gw ga nemu BALURAN zzzz sial sial sial. pulau merah ada di twitter dan twit gw juga dibales ama dia, jadi gw ngrasa gampang untuk ke pulau merah ini.

oke time to sleep.

besoknya, gw bangun, dan ga siap untuk tutorial.

bodoamat, pikiran gw hanya buat ke banyuwangi dan main. hahaha!

KEESOKAN HARINYA……..

PERJALANAN DIMULAI

jadi trnyata tutorialnya cepet banget, dan kita pulang jam 9 kurang YEEEIIII!

trus gw membatalkan pergi diejmput titi di kedokteran dan gw balik ke kosan, packing lagi, dan siap berangkat. sialnya, komunikasi gw ama titi terhambat olehnya pendingnya si BBM DARI IM3. dan sms juga ga masuk masuk sial!

jadi gw keluar dan tiba2 udah ada si titi, dan gw beli makan dulu di warung sebelah dan bungkus makanan buat ntar makan di kereta. saat ini udah jam stgh10. jantung udah ketar ketir.

ya lanjut, kami sampe ke jebres, nitip motor untuk nginep beberapa hari, beli kereta logawa yang untungnya masih ada, dan siap untuk ke JEMBER!!

kereta logawanya sangat kosong, dan berac. gile ini enak banget.. ngebayangin gw juga 10 jam ke jakarta tapi kereta eko acnya 100rb. ini 10 jam juga tapi cuma 50rb. tidak adiiil.

jadi gw ama titi kerjaannya bobo-ngobrol gitu terus.. dan dihibur oleh dua anak kecil-cewe cowo yang tanpa alas kaki dan kaki yang sangat kotor main dan ketawa terus di atas kursi kereta.. ada aja kerjaannya, bahkan mereka niru2 jualan pop mie pop mie mizone dan beberapa -maaf- pengemis. ya namanya juga anak anak ya hehe..

dan akhirnya mereka turun di surabaya dan perjalanan kami semakin sepi huhuhu,.

berikut catatan kereta aku:

Imagekereta ekonomi ac logawa

solo jebres 10.00

sragen walikukun 11.06

kedung galar 11.34

madiun 12.03

kertosono 13.33

wonokromo 14.48

(disini kami ngeliat orang telanjang yang mandi di sungai dekat stasiun wonokromo surabaya. telanjang, bulat -____-)

kereta berbalik arah, sehingga kami balik lagi ngelewatin surabaya wonokromo dan ganti rel dan ke jember.

kami sampai di jember jam 19.25. telat 25 menit.

berkat smsan sama adek kelas yang di jember, aku jadi dapat jadwal kereta api dari jember banyuwangi, bersyukur banget, karna opsi kami adalah bis ato nginep dulu di jember baru berangkat ke bnyuwangi subuh subuh.

ini jadwal keretanya:

tawang alun 05.15

sri tanjung 06.30

pandanwangi 09.00

jadi kami langsung naikin kereta tawangalun 19.47 30 ribu dan nyampe banyuwangi jam 22.00

SAMPAI DI BANYUWANGI DAN……..KRIK KRIK….SEPI…..

oiya tips kalo mau ke ijen turunnya bukan di banyuwangi baru, tapi di stasiun KARANGASEM. untungnya gw nanya nanya ke orang sekitar dan dapet hasil kalo mau ke ijen turunnya disini.. dan melihat keadaan pas gw ke st banyuwangi baru yang sangat krik krik dan sepi bangeeeet, gw ga kebayang kalo seandainya gw turun di situ.

jadi jam 10 malem itu gw dan titi turun..dan krik krik tanpa arah tujuan. kita malah ngomel ke google kenapa menyarankan nyampe malam karena kenyataanya ga ada ojek di sini! dan anehnya banyak pula yang menyarankan naik ojek padahal gaada ojek samsek……

dan puji Tuhan, kami ditolong oleh anak UB yang menjadi travel mate kami, bernama IAN.

jadi dia yang bawa carrier nyamperin kami yang linglung dan ngajak kami untuk berangkat bareng.. jadi dia nemu ibu yang sangat super baik hati yang mau nemenin nganteri ke JAMBU (pos pendakian ijen) yang sangat jauh dan berbeda arah dengannya.

super baik banget, ALLAH itu luar biasa dalam kehidupanku.

jadi kami dianter naik mobil dan gratis men! trus kami dianter ke jambu yang beneran jauh banget..

TERNYATA KOMUNIKASI YANG BAIK ITU SANGAT DIPERLUKAN….BAHKAN BULE TIDAK MENGERTI BAHASA INGGRIS……..

jadi kami sampai di jambu, dan diturunin, kemudia nemu bule yang sangat kocak.

jadi si bule itu dari bali, dia nyewa mobil gitu dan ke banyuwangi.

dia bilangnya mau ke situbondo, dan mau lewat jalur si ijen ini.. nah dia yang mungkin ga terlalu fasih berbahas inggris hanya bilang, in the map there is no way to go to SITUBONDO, gitu terus, dan bilang AUTOMOBILE CANNOT GO UP, dan IS THE WAY OK? OK?

zz jadi si ian turun dan jawab jawab pertanyaan si bule dan 1 cewe bule juga di sebelahnya itu.

nah jadi kami mengambil kesimpulan kalo si bule pengen ke situbondo lewat jalur ijen karena ada petunjuk2 arah bilang ke situbondo itu lewat ijen.. jadi kita nanyain orang2 sekitar dan mereka bilang memang bisa lewat ijen ,tapi lebih gampang untuk ambil jalan lain.. nah meskipun kami udah ngomong pake inggris berkali kali dan bilang, YOUR CAR IS OKAY, IT CAN GO UP, DAN IN THE MAP THERE IS NO ROAD, BUT THERE REALLY IS A ROAD FROM HERE, dan semua kata yang menenangkan tapi dia tetep aja ngomong automobile automobile an zzzz..

jadi sebenarnya gw titi ian zhi dan doni berakal bulus untuk mempersuade si bule untuk ke ijen sehingga kami bisa nebeng wkwkwk

pada akhirnya si bule pun ga percaya dan ngambil jalan lain..gatau gimana nasibnya dia tuh.

KUATKAN KAKI, TEGUHKAN MENTAL. AYO KITA MELANGKAH..

trus kami berdoa dan siap untuk naik ke atas.. dan saat mau naik, tiba tiba si ibu baik hati menawarkan kami untuk lanjut ke mobil dan naik ke pos 1 yang meeeen, jauh bangeeet!!!! jadi kami sampe di pos 1 yang sangat gelap jam 23.48.

pamitan, berdoa lagi, dan kami pun berangkat..

mempersiapkan senter dan terus berdoa.. kemudian kami lanjut jalan, nemu tempat datar yang enak dan duduk.. dan berakhir masak mie -________-

KEBERUNTUNGAN HARI PERTAMA….

gila deh pokonya perjalananku sama titi beruntung banget, mulai dari:

nemu kereta ke jember

dapat info kereta ke banyuwangi, dan dapet tiket,

ga dapet ojek tapi disamperin ian dan diajak nebeng ibu baik hati sampe ke pos 1

dan dapet travelmate yang menjagai dan punya logsitik lengkap T_T

gila deh mantep abis.

HARI KEDUA PERJALANAN

jadi kami ngopi dan ngemie dulu baru jalan lagi ke atas.

di perjalanan kami menjumpai banyak orang naik motor dan naik taft/mobil.

anehnya tiap kami duduk ga ada yang lewat naik mobil, tapi tiap jalan selalu aja lewat mobil -___- udah gitu pada gamau berhenti pula zzz

si motor motor yang notabene kebanyakan punya penambang ijen pun sering nyamperin kami, nanyain kenapa jalan, dan ngasitau jarak ke paltudingnya.. baik baik deh pokoknya..

nah terus kami lanjut aja jalan..kami jalan sekitar 2,5 jam yang ga kaya naik gunung biasa, karena jalannya nanjak terus -____- ga ada lembah, dataran dll.. gw agak sedih karena gw ngrasa ini perjalanan gw paling berat.. (meskipun diksar gw jalan 7kiloan jalan raya dan nanjak terus juga sih, tapi itu bisa 8jaman gw jalannya, ini kan ngejar waktu)

trekking malam malam

DISELAMATKAN OLEH MAS SUPIR TAFT YANG IBA…..

nah terus pada akhirnya ada orang baik yang nawarin kita naik taft nya dan puji Tuhan kami beruntung dan terselamatkan lagi.. jadi setelah 2,5jaman jalan kita naik mobil dan sampailah di paLtudingnya huhuhu…..

disini amat dingin bos, siapin penghangat selengkap mungkin ya!

trus si anak2 cowo nyiapin tenda mereka dan tidur sebentar, gw ama titi nyari wc (WC MANDIRI NAMANYA-alias lo pipis sembarangan) hahhaa

trus setelah pipis (gw lg dapet pula pas ini……)

kita nganget di warung, beli susu sama energen..

terus ketemu sama bapak2 baik hati yang cerita dia udah pernah ke rinjani dll dan disini dingin banget katanya hehe.

terus ngobrol sama bapak warung dan guide sana, disaranin:

jangan mau kalau ada yang nawarin jadi porter, karena kebanyakan penambang suka nawarin tiba2 dan dipalak..

trus siapin masker, penerang dll.. nah berhubung senter gw kacau, akhirnya gw minjem senter si bapak guide..

trus dibolehin naro tas di warung deh..

nah berhubung kami ngejar BLUE FIRE IJEN, aku dan titi disarankan berangkat jam 3, yang nyatanya kami berangkat jam 4 karena keasikan nganget di tenda si cowo cowo dan ga mau beranjak.. pada akhirnya kami berangkat jam 4an lebih.. dan bersiap nanjak……..

nah, here goes the exciting moments.

NAIK NAIK…..KE PUNCAK IJEN..

perjalanan kami dimulai dari jam 4an lebih, dimana kami sampai ke plateau nya jam 6an.. itu juga udah males malesan banget gara gara kita kurang tidur dan tepar gara gara jalan ke paltudingnya..

jalannya nanjak terus tapi bakal banyak liat orang2 pembawa belerang yang bebannya berat banget, 40-70 kilo di pundak dan naik turun terus menerus..

kemudian kami sampai jam 6 tanpa kekurang apapun, dan langsung bikin video, poto2 terus meneurs, dan perasaan bahagia karena nasib kami akhirnya baik dan selalu beruntung :”D ga nyangka banget nyampe ke ijen tanpa perencanaan gini hahaha.

20130914_050335

20130914_063202

kemudian kami foto foto terus menerus dan aku ketemu teman sesama TBM, Putut dari UII, dan dia bersama teman2nya juga ke ijen buat main2, tapi bawa mobil hahaha.. beruntungnya lagi, kami yang ga bawa logistik ke atas akhirnya aman karena dapet makanan dari mereka, roti, susu kental manis coklat, jetzet, dan banyak lagi huhuhu.. lagi lagi beruntung 😀

terus kami ketemu bule perancis yang ternyata anak kedokteran juga meeeeen!! terus kita lanjut deh foto ama itu bule..

PERJALANAN TURUN….

terus jam 7.41 fix kita turun, nungguin 3 cowo Malang itu tapi ga ketemu temu yaudah gw ama titi lanjut turun.. semi lari lari karena memang turun itu lebih enak namun aga riskan sprain sebenernya..

529162_10200539506789460_1642733540_n
terus kita turun dan nyampe malah jam 11 -_- kebanyakan ngobrol ,foto dan nyapa nyapa orang di jalan sih..

jadi kita awalnya ketemu sama bapak tour guide yang ngelayani bule bule..ntah kenapa jadi ngobrol ama beliau.. mulai dari beliau cerita kalo ijen itu bagus banget, terus dia bilang kalo dia lagi bikin buku backpacker di daerah JAWA, tapi kedahuluan sama bule bule yang malah udah bikin buku backpacker duluan.. MEEEEN, Indonesia itu daerah kita lho sebenernya..seharusnya kita yang lebih kenal daripada mereka sih.. tapi memang keinginan untuk menulis di Indonesia sepertinya agak kurang, padahal penting banget ini buat publikasi, dan permasalahan pariwisata kita..

terus ngobrolin dan nanya2 dia udah kemana aja, dia cerita pantai Gunung Kidul bagus bagus..terus kita tanya dia tentang pulau merah di banyuwangi tapi dia gatau sayangnya..terus dia cerita abis turun ijen dia dan teman2 bulenya bakal dibawa ke pulau menjangan BALI, yang memang sangat INDAH. nanti liat di bawah ya, kami juga ngelewatin itu pulau. jadi di menjangan itu khasnya snorkeling sama diving yang notabene gw takutin sampe sekarang karena laut dan hiu hiuan hahahhaa.. terus dia cerita kalo anak anak muda itu harus sering sering jalan, jogging, biar kuat kakinya, gitu gitu deh -___-

kemudian kami ketemu lagi sama gerombolan putut,. azzam, dan kita ngobrol ngobrol sama bapak guidenya mereka, ingin tanya tanya gimana cara kami pulang enaknya (baca: MURAHNYA) dan cara ke Pantai Pulau Merah. trus dapat deh jalan dari bapaknya untuk ke pulau merah yaitu:

PALTUDING- JAMBU- PROT- KARANGINTE- PESANGGARAN – PULAU MERAH

trus di pulau merah kita diminta nemui sodaranya yang seorang guru, bernama pak parjan di daerah rowojambe.. bener bener deh orang sini baik baik amat hiks. gw selalu merasa beruntung….

terus kita sampe di paltuding, langsung ke warung tempat makan, pesen mie goreng telur terus ngaso ngaso dan tidur sebentar di warungnya nunggu truk belerang untuk turun ke jambu.. pada akhirnya kami naik truk belerang meeen! padahal udah ditawari naik ojek sama si bapak guidenya putut dan gratisan, diajak turun sama bapak guide bali dan banyak lagi.. beruntung deh men!

terus kita naik ke truk belerang sekitar jam 1an, dimana posisi gw sesungguhnya lagi ga enak banget karena pengen pipis dan pengen ganti “ituan”

trus nemu wc di jambunya dan si zhi ngobrol sama orang daerah sana untuk nanya sebaiknya kita pulangnya gimana.. sampe akhirnya stgh jaman kita nunggu dan dapat pickup yang mau nganterin ke stasiun banyuwangi yang karangasem..

???????????????????????????????

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

terus gw ama titi yang bingung ama nasib kita setelah ijen, dan bingung kalau ke pulau merah gimana tidurnya dan transportnya yang sulit akhirnya memutuskan untuk ke

*jengjeng*

BALI!!!! MEN BALI MEEEEEN!!!!!

JADI NTAH KENAPA KITA TIBA TIBA NEMU ANGKOT YANG MAU DICARTER DAN KAMI PUN SIAP KE KETAPANG, BANYUWANGI. NEKAT MEN NEKAT DUA CEWE TANPA ARAH HAHAHHAHA

gokil!!!!!

jadi akhirnya jam 2.44 kita nyampe tuh di ketapang.. ntar yang pada bingung dan ga pernah kesana, dont act like dumb yah.. ngikutin orang orang aja pokoknya disana.. masuk dan beli tiket fery, keliatan banget kok disana..kalo keliatan bego itu agak was was karena langsung banyak yang nyamperin.. dan lebih untung untuk naik bisnya dari bali, karna kalo dari banyuwangi sama aja nunggu lama dan harus stay di fery gitu.. mendingan beli tiket perorang aja di fery..

jadi setelah naik di fery, siap deh kita buat ke BALI !!!!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

perjalanan ke bali sekitar 2 jaman, jadi kita nyampe jam 5an sore disitu, dan kami harus naik bis ke ubung lagi, yang perjalanannya sekitar 3jaman juga zzzzzz lama amat di jalan -_____-

oiya sekali lagi jangan kaya orang bego deh di pelabuhannya, ikutin aja orang2.. nyampe gilimanuk langsung keluar dan ke daerah kiri, itu terminalnya gitu.. dan ambil bis daerah denpasar..

gw ama titi excited bgt sesungguhnya pas nginjakin kaki ke tanah Dewata.. MEN BALI MEEEEN!! (GANYANTAI)

terus kita duduk terus dua jaman di bis itu yang tanpa ac dan sempit beuts.. tapi jalanan bali itu asik banget diliat deh.. meskipun lama di jalan tapi seru dan bersih banget……..

terus kita nyampe itu sekitar jam 8an malam seingetku, dan langsung deh kita nyari tempat makan terdekat. kita di BALI MEEEEN!

abis makan kita dijemput sama temennya papa jam 9an.. dan kita nyampe rumahnya jam setengah 10an dan kita baru tau ternyata ada perbedaan waktu alias kita udah di daerah WITA HAHAHAHA

terus kita akhirnya mandi :’) udah sekian lama ga nyentuh air…….

terus langsung tepar bobo dan bangun siang jam 8an besoknya :’)

HARI KETIGA PERJALANAN

terus kita langsung makan dan temennya papa pun harus ke lombok, sehingga kami akhirnya dianter sama pak Made (which Made is this, you know? hahaha) terus dianter ke legian, buat minjem motor…. yippiiiieeee!!

terus kami muterin bali deh jadinya.. mulai dari kute- muter tersesat tanpa arah- tiba tiba di seminyak- terus ke alfamart, tanya blinya dan kami ke arah GWK.. macet di daerah mau ke bandara kami pun akhirnya makan dulu di AYAM BETUTU GILIMANUK.

536985_10200539489949039_811226299_n (1)

uyeah. ga terlalu mahal dan ayamnya lumayan seru!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

dan tiba tiba di KRISNA, toko oleh oleh di BALI, lewatlah orang orang kaya komunitas LAMBORGHINI JAKARTA dan parkir di toko itu..

gilaaaa mobilnya keren keren amat chuy, ada 30an mobil mahal yang bikin macet deh disitu..

dan gw ama titi video2an disitu… terus kita ditawarin orang buat foto bareng mobil itu, cina-KOKO gitu deh, terus kita bilang ngga ngga terimakasih terus kita tetep ketawa tawa pengen foto sama mobilnya gitu..dan ternyata pemilik mobilnya itu adalah KOKO ITU ZZZZZZ

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

emang gaada tampang dan mungkin dia tipe yang merendah untuk meroket hahahha

nah terus kita bikin video di situ dan kita siap untuk ke GWK lagi.

titi bawa motor ke arah uluwatu dan emang agak jauh ini perjalanannya..

terus untungnya kita sampe tanpa kekurangan apapun di GWK-dan lanjut pantai PADANG-PADANG YANG AMAT BAGUS DAN JAUH-terus PANTAI DREAMLAND yang terkenal itu..

MENGEJAR SUNSET DAN…..GEDUBRAK..

what a trip. sorenya kita ngejar banget sunset, dan kami masih mau mampir ke Udayana dulu yang ternyata aslinya mencar mencar kampusnya zzzzzz

dan kita jatoh di turunan berpasir di daerah udayana :’)

gw ga terlalu parah, cuman lecet, si titi di dorsal pedisnya luka gede banget…. yaudah langsung aja gw cari keran, minjem toilet orang yang emang baik banget dan kita nyuci kaki di situ.

inget antiseptik duluan, bisa pake NaCl aja ato pake air sabun… yang penting antiseptik..

dan disitu gw tnyata ga bawa kasa banyak..sehingga masih terpapar banget lukanya terhadap udara..

si titi ga syok ato kaget, dia malah bingung banget kenapa pas kita jatuh gaada yang nolongin…kaget katanya…

inilah pengalaman memorable di bali ckckckck…

terus ketemu juga market gitu dan kita langsung beli kasa betadine plester.. terus gw lagi lagi minjem kran air orang dengan muka memelas..dan minjem gunting juga buat plesternya…

terus titi udah ga masalah dan gilanya…… kita lanjut jalan. ke beach walk. dan ngopi zzzzz

gila men gilaaaa…

oiya kita sebelumnya ke krisna dulu deng.. terus kita ke beachwalk itu…

terus jam stgh10an kita balik ke legian, dijemput sama pemilik motor dan sama pak Made dan istrinya..

mereka tau pula kalo kita jatoh dan langsung agak panik dan nasehatin gitu.. mereka berdua baik banget…terharu banget sama mereka..

DIKEJAR TUKANG SEWA MOTOR……KETAHUAN NGELUKAIN MOTORNYA…….(pak..luka kami bagaimana pak?)

terus di jalan si penyewa motor ngejar kami dan bilang sesuatu pake bahasa bali ke pak madenya..

sumpah kalo ini termehek mehek pasti ada effect buat bapak yang ngejar kami-di hitam putihin, dan di perlambat, terus ada musik backsound menegangkan zzzzz

ternyata ketauan kalo kita jatoh dan si bapak minta 10ribu buat tambahan…dan pak made yang bayar itu ke kita…

terus si pak made traktir kita ke kfc dan ngobrol lagi…baik banget yaampun….

terus kita pulang deh, mandi, ganti kasa titi, dan siap tidur…

HARI KEEMPAT PERJALANAN

besoknya bangun pagi2… dan siap untuk pulang….

kami ga muluk muluk buat pulangnya, gatau mau naik apa pokonya pualng dulu deh..

jadi kami pamitan, ke ubung, naik bis ke gilimanuk, naik fery, dan nyampe banyuwangi..

ini juga udah agak sore, sekitar jam 3an.. dari ketapang kami ke stasiunl banyuwangi baru, deket tinggal jalan aja..

HAMPIR SAJA HARUS BERMALAM DI BANYUWANGI……….

dan stasiunnya luar biasa sepi….krikrikrik..

gw ga kebayang banget kalo kemaren kita turun disitu dari jember dan langsung krikkrik

terus ternyata gaada kereta ke jember lagi dan kami terancam ga bisa pulang disitu…..

perut kosong dan kaki sakit, kami makan di daerah sekitar situ….

nanya2 dan disarankan untuk ke terminal deket sana, yang n yatanya ga bermanfaat SAMA SEKALI.

sial.

angkot bayarnya cukup mahal disitu, dan kita nyampe di terminal yang salah.. terminal ntah apa itu yang kami datengi sepi banget……ga ada juga yang bis mau ke jogja….sedih banget pokoknya..

di situ cuma ada kemungkinan kita ke jember baru kita naik bis lagi ke solo. capek.

dan puji Tuhan lagi, kami nyebrang (itu sekitar jam 5an) dan nemu angkot yang mau bawa ke terminal pusat….

kami lewatin lagi ketapang dalam gelap dan dianter sampe ke terminalnya…

nyampe terminal bapaknya minta bayaran mahal, dimana gw jadinya ngotot dan bilang kalo ga punya duit sama sekali… debatnya lumayan lama, karna gw dan dia sama sama ngotot..kenapa ga bilang dari awal kalo tarifnya harganya beda…..tega banget……

TIBA-TIBA LAGI-LAGI MUJIZAT TERJADI…..ADA BIS KE SOLO….

terus kita sampe di terminal yang lumayan rame itu, dan PUJI TUHAN banget, kita langsung dapet yang ke jogja tapi ngelewatin SOLO..

beruntung banget yaampun…..

terus langsung naikin itu bis tanpa babibu karena gw udah cape dan ga enak banget ama titi..

gw pertama kalinya ngajak orang dalam kenekatan gw dan gw takut dan ga enak…….

trus gw ngetwit galau tentang perjalanan gw selama ini..bagiamana gw pertama kali sendirian dan nyampe malam di surabaya, nyampe malang sendirian dan malam juga, dan perjalanan gw selama ini deh…

trus kita tidur aja dan nyampe pagi di solo…. di jebres itu kita nyampe jam 5an.. seneeeeng banget rasanya nyampe solo lagi.. bahagia banget gw ama titi waktu itu…

terus kita makan bubur, balik ke kosan, dan langsung tepar.

what an adventure.

gila gila gila.

jalan jalan meeeeen!!!!!

perduitan perjalanan:

hari 1

kereta solo-banyuwangi: 80 ribu

masuk ijen : 2 rb

transport ijen : GRATIS

warung: energen + mitu: 9 ribu

total: 91 rb

hari 2

mie goreng telur ijen: 7 rb

total hari 2: 118,500

hari tiga

nyewa motor: 70rb (bisa 50 bos) berdua: 35rb

parkiran 4pantai+beachwalk: 10rb. (pantai wonderland 5rb sendiri)

makan nasi betutu: 29rb

angkot ke terminal jelek dan terminal bagus: 25rb

bis banyuwangi-solo: 95rb

naaah pokoknya total total gw itu 566.950

tapi ini bisa banget di press!! karna gw itu udah makan enak, minum kopi segala, dan oleh oleh zzzzz…

temen gw kena 450-500rb kemaren -______-

ANE DI DREAMLAND. CAKEPPPP

pokoknya ini best banget deh, banyak nekatnya, banyak gilanya. keren!